Bagi anda yang sering mengolah angka atau data dalam jumlah yang beragam, penggunaan Microsoft Excel tentunya bukan lagi menjadi hal yang baru, karena Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi pengolah angka (aritmatika) yang disediakan oleh Microsoft Office yang dapat melakukan pengolahan data dari jumlah data yang sedikit, sedang bahkan mencapai ribuan data.

Permasalahan yang sering terjadi biasanya adalah kita harus beralih dari satu file excel ke file excel yang lainnya yang saling berhubungan dan melihat beberapa file tersebut secara bergantian karena beberapa file tersebut tidak bisa ditampilkan dalam satu layar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Microsoft Excel telah menyediakan sebuah fasilitas Arrange Windows yang digunakan untuk menampilkan beberapa jendela worksheet dan untuk mengatur, mengedit dari beberapa file yang Anda kerjakan secara bersamaan, sehingga Anda dapat melihat bagian yang berbeda dari lembar kerja dari masing-masing worksheet dalam satu layar pada saat Anda bekerja.

Menampilkan Dua File Excel dalam Satu Tampilan Layar

Langkah-langkahnya dapat anda ikuti sebagai berikut :

  1. Buka beberapa file Excel yang akan Anda kerjakan (dalam contoh berikut menggunakan tiga file Excel yang berbeda)
  2. Lalu aktifkan ribbon View Arrange All seperti gambar di bawah
  3. Maka akan tampil jendela Arrange Windows yang berfungsi untuk mengatur penyusunan jendela file Excel ditempat yang diinginkan dengan empat pilihan sebagai berikut :
    1. Tiled digunakan untuk menampilkan beberapa file Excel yang dibuka secara berdampingan (horizontal maupun vertikal) pada satu layar.

    2. Horizontal digunakan untuk menampilkan file Excel yang dibuka secara berdampingan dengan posisi horizontal dari atas ke bawah.
    3. Vertical digunakan untuk menampilkan file Excel yang dibuka secara vertikal berdampingan dari kiri ke kanan
    4. Cascade digunakan untuk menampilkan beberapa file Excel yang dibuka secara tumpang tindih sehingga file yang dibelakang hanya akan terlihat judul filenya saja.
  4. Setelah Anda memeilih salah satu dari 4 (empat) pilihan pengaturan susunan file yang disediakan, tentunya Anda dapat mempergunakan semua file yang dibuka tersebut untuk diolah, diedit ataupun meng-copy paste antara satu file Excel dengan file Excel yang lain dalam satu tampilan layar tanpa harus berpindah pindah.

Kesimpulan

Teknik ini hanya salah satu dari sekian banyak teknik yang bisa digunakan untuk menampilkan dua file excel dalam satu tampilan layar. Jika Teman-teman punya cara yang lain, boleh dong saya dibagi caranya
 
Blogger TemplateBhineka News © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top