Pada sesi tutorial Microsoft Excel sebelumnya, dibahas mengenai bagaimana cara memisahkan gelar dan nama dari seseorang dengan menggunakan fungsi LEFT, MID dan FIND. Dan, kali ini akan dibahas tutorial memisahkan gelar dan nama dengan menggunakan fitur Text to Columns, masih pada Microsoft Excel tentunya. Text to Columns adalah salah satu fitur yang terdapat pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk memisahkan text menjadi beberapa kolom dalam waktu yang relatif singkat dan tidak menggunakan syntax atau rumus, karena format yang diiginkan oleh pemakai sudah disediakan oleh fitur tersebut, sehingga pengguna akan lebih mudah menggunakannya.

Untuk mengimplementasikan fitur Text to Columns dapat Anda ikuti tutorial berikut :
  1. Yang pertama tentu saja Anda harus membuka file Excel yang Anda sudah buat, atau jika belum Anda bisa membuatnya terlebih dahulu sebagai latihan.
  2. Setelah Anda buka file tersebut, copy-kan text yang akan anda pisahkan pada kolom di sebelahnya.
  3. Langkah berikutnya adalah Anda tinggal menyorot cell pada kolom yang telah di-copy tadi sebanyak yang anda ingin, lalu aktifkan ribbon Data dan pilih ikon Text to Columns. Dan, disini Excel akan menampilkan wizard sebanyak tiga tahap.
    • Pada tahap pertama, Excel meminta untuk memilih apakah Anda akan memisahkan teks menggunakan Delimited atau Fixed Width. Opsi Fixed Width akan berguna jika masing-masing suku kata memiliki banyak huruf atau angka yang sama, karena nama yang terdapat dalam kolom nama lengkap memiliki panjang yang berbeda, maka kita akan memanfaatkan Delimited. Klik Delimited dan klik Next

    • Tahap kedua, setelah memilih Delimited, Excel akan meminta Anda kembali untuk memilih dari beberapa pilihan yang disediakan yaitu Tab, Semicolon, Coma, Space dan Other. Karena di antara nama lengkap terdapat karakter “spasi”, maka kita pilih “Space”. Setelah Anda menjatuhkan pada pilihan Space, data preview akan menggambarkan data yang dipisahkan berdasarkan spasi dengan menggunakan garis pemisah.
    • Tahap yang terakhir yaitu tahap ketiga, Excel meminta Anda untuk memilih tipe data dari text yang baru (yang sudah dipisahkan). Klik pada kolom pertama dan pilih Text, klik pada kolom kedua dan klik sampai pada kolom yang terakhir Anda lakukan dengan cara yang sama.Klik finish.
    • Setelah tiga langkah dilalui, Anda akan mendapatkan hasil seperti pada gambar. Gelar dan nam berada pada kolom yang berbeda.

Cara yang mudah, singkat dan cepat. Selamat mencoba dab semoga bermanfaat
 
Blogger TemplateBhineka News © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top