Tutorial Excel: Fungsi Left, MID dan Fin

Memisahkan Gelar dan Nama dengan fungsi LEFT, MID dan FIN

Terbiasa bekerja dengan banyak data dan menggunakan nama orang lengkap dengan gelar yang dimiliki adalah hal yang biasa, suatu saat Anda mungkin ingin memisahkan nama-nama tersebut menjadi beberapa bagian dengan struktur gelar, nama depan, nama tengah atau bahkan nama belakang. Namu pada tutorial kali ini kita hanya akan membahas pemisahan nama dan gelar menggunakan beberapa fungsi dan fitur yang terdapat pada Microsoft Excel, diantaranya adalah fungsi LEFT, MID dan FIND  sebagai solusi pemisahan, sedangkan untuk pemisahan gelar, nama depan, nama tengah dan nama belakang akan dibahas pada tutorial berikutnya dengan cara yang berbeda.

Apa itu LEFT, MID dan FIND?

  • LEFT, adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari suatu cell dimulai dari yang paling kiri, dg format syntax =LEFT(text;num_char)
  • MID, adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari suatu cell yang dimulai dari tengah, dg format syntax =MID(text;start_num;num_char)
  • FIND, adalah sebuah fungsi untuk mencari suatu huruf atau text dari suatu cell dan menghasilkan angka urutan ke berapa huruf tersebut pada cell yang dicari, dg syntax  FIND(text_cari, text_sumber, awal_pencarian)
Bagaimana caranya?? Mari kita ikuti tutorial berikut....

1. Buka file Excel yang anda punya dan tambahkan dua kolom baru untuk menempatkan gelar dan nama yang akan dipisahkan.



2. Untuk kolom gelar, aktifkan ribbon Formulas lalu klik pada cell C2 dan pilih ikon Insert Function, maka muncul sebuah jendela Insert Fuctions dan pilih LEFT pada pilihan lalu tekan OK. Untuk kolom Nama_lepas, caranya sama seperti pada kolom gelar, hanya saja cell aktif berada pada cell D2 dan pilih MID pada pilihan Insert Function.





3. Setelah Anda ikuti langkah (2) di atas, akan muncul jendela Function Arguments untuk memasukkan syntax atau argumen dari fungsi LEFT dan MID yang kita gunakan.

a.  Untuk mengisi kolom gelar Anda bisa mengetikkan fungsi LEFT pada kolom yang tersedia atau Anda dapat mengetikkan langsung pada cell C2 (tambahkan tanda = sebelum fungsi tersebut diketikkan) sebagai berikut  LEFT(B2,FIND(" ",$B$2:$B$13,1)-2) untuk memisahkan dan menempatkan gelar pada kolom yang berbeda.



Keterangan :
  1. B2 adalah cell yang berisi teks yang digunakan sebagai acuan penggunaan fungsi dari argumen.
  2. Num_chars, menspesifikasikan berapa banyak karakter yang ingin anda ambil dari sebelah kiri.
  3. LEFT, artinya Anda akan mengambil karakter dimulai dari yang palin kiri pada cell B2.
  4. Fungsi FIND yang terdapat di dalam kolom num_chars mempunyai arti sebagai berikut :
  • FIND(" ",$B$2:$B$13,1)-2, akan mencari karakter spasi " ". Misalkan pada nama Dr. KHOIRUL MALIK ABDULLAH, spasi ditemukan pada karakter ke-4, maka nilai yang dihasilkan adalah 4. Sedangkan rumus -2 artinya angka 4 tersebut dikurangi 2 agar menjadi 2, sesuai dengan gelar Dr yang hanya ada 2 karakter (tanpa tanda titik (.))
b. Untuk mengisi kolom Nama_lepas Anda bisa mengetikkan fungsi MID pada kolom yang tersedia atau Anda dapat mengetikkan langsung pada cell D2 (tambahkan tanda = sebelum fungsi tersebut diketikkan) sebagai berikut  MID(B2,FIND(" ",$B$2:$B$13,1)+1,50) untuk memisahkan dan menempatkan nama pada kolom yang berbeda.



Keterangan :
  1. B2 adalah cell yang berisi teks yang digunakan sebagai acuan penggunaan fungsi dari argumen.
  2. Start_num, adalah posisi karakter pertama yang ingin Anda ambil.
  3. Num_chars, menspesifikasikan berapa banyak karakter yang ingin anda ambil setelah karakter pertama yang anda ambil.
  4. MID, artinya Anda akan mengambil karakter dimulai dari tengah pada Cell B2.
  5. Fungsi FIND yang terdapat di dalam kolom num_chars mempunyai arti sebagai berikut :
    • FIND(" ",$B$2:$B$13,1)+1, akan mencari karakter spasi, namun untuk syntax ini +1 untuk mencari nama belakang. Rumus FIND(" ",$B$2:$B$13,1)+1 akan menghasilkan angka 5, dimana nama "KHOIRUL" dimulai pada karakter ke-5. Rumus ,50) artinya karakter diambil untuk nama belakang yang diasumsikan sebanyak 50 karakter.

  6. Langkah berikutnya, untuk memenuhi cell-cell yang ada di bawah, Anda cukup meng-copy rumus atau fungsi yang telah Anda ketikkan pada cell berikutnya.



Cukup menggunakan tiga fungsi LEFT, MID dan FIND saja proses pemisahan nama dapat dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba, dan terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.